Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

Sudah tidur cukup, kenapa masih ngantuk??

 

Infodjogja.com Tidur merupakan hal yang sangat penting untuk kesehatan, namun karena kegiatan atau kesibukan kita sering mengabaikannya. Saat tidur kita memberikan waktu untuk tubuh beristirahat dan membangun kembali otot-otot yang sudah lelah seharian. Begitu juga dengan otak kita saat tidur mengeluarkan limbah produksinya. Karena itu tidur sangat penting bagi kesehatan tubuh, fungsi metabolik, kekebalan tubuh dan otak.

Bukan hanya itu saja, karena kurang tidur kita menjadi tidak fokus, daya ingat menurun, mudah marah, mudah lapar, dan terus mengantuk. Bisa-bisa membahayakan diri kamu karena mengantuk saat berkendara. Waktu tidur berkaitan pula dengan perubahan kadar hormon yang disebut leptin dan ghrelin. Leptin adalah hormon yang berasal dari sel lemak yang bersifat mengurangi nafsu makan. Sedangkan ghrelin adalah peptida yang berasal dari lambung yang justru meningkatkan nafsu makan. Jika kamu kurang tidur saat malam hari, leptin akan menurun sekitar 15.5 persen dan ghrelin akan meningkat 14.5 persen. Bila kadar leptin berkurang bisa menyebabkan meningkatnya nafsu makan dan memicu obesitas.

Mengingat pentingnya tidur yang cukup, sebaiknya kamu memberikan prioritas bagi tidur setiap malam. Berikut waktu tidur yang ideal sesuai umur : 

Orang dewasa yang lebih tua (65+): 7-8 jam.

Dewasa (18-64 tahun): 7-9 jam.

Remaja (14-17 tahun): 8-10 jam.

Anak sekolah (6-13 tahun): 9-11 jam.

Anak-anak prasekolah (3-5 tahun): 10-13 jam.

Balita (1-2 tahun): 11-14 jam.

Bayi (4-11 bulan): 12-15 jam.

Bayi baru lahir (0-3 bulan): 14-17 jam.

Selain waktu tidur yang cukup, kamu juga perlu memiliki tidur yang berkualitas. Terus bagaimana agar tidur kamu berkualitas? Mimin punya beberapa tips agar tidur kamu berkualitas:

  • Batasi waktu tidur siang ( maksimal 20 menit sehari )
  • Hindari olah raga berat sebelum tidur
  • Hindari makan berat sebelum tidur
  • Hindari mengkonsumsi kopi/ merokok sebelum tidur
  • Matikan gadget sebelum tidur
  • Buat jadwal rutin jam tidur
Semoga mulai hari ini tidurmu lebih berkualitas. 


Leave a Reply