Mie Godhok Jogja: Kuliner Istimewa yang Wajib Anda Coba

Posted on

Jogja, atau Yogyakarta, tak hanya terkenal dengan keindahan budayanya, tetapi juga dengan kelezatan kuliner tradisionalnya. Salah satu hidangan yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Jogja adalah Mie Godhok Jogja. Dalam artikel ini, kami akan membahas sejarah, cita rasa, dan tempat-tempat terbaik di Jogja untuk menikmati hidangan lezat ini.

Sejarah Mie Godhok Jogja

Mie Godhok Jogja bukanlah sembarang hidangan. Ini adalah makanan yang penuh dengan sejarah dan tradisi. Hidangan ini pertama kali muncul di Yogyakarta pada masa kerajaan Mataram. “Godhok” sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti “merunduk,” yang merujuk pada cara mie ini dibuat dan disajikan. Mie Godhok adalah potret hidangan khas Jawa yang masih lestari hingga saat ini.

Bahan Utama

Mie Godhok Jogja memiliki ciri khas tersendiri berkat bahan-bahan utamanya. Mie ini terbuat dari adonan tepung terigu yang diolah dengan tangan secara tradisional. Mie Godhok ini kemudian disajikan dengan kuah kental yang lezat, daging ayam, dan telur rebus. Bumbu kacang khas Jogja memberikan sentuhan istimewa pada hidangan ini.