Kopi Joss: Menikmati Kopi yang Khas dan Unik dari Yogyakarta

Posted on

 Indonesia memiliki banyak sekali jenis kopi yang terkenal di seluruh dunia. Mulai dari Kopi Luwak yang langka hingga Kopi Toraja yang kaya akan rasa. Salah satu jenis kopi yang tidak boleh dilewatkan adalah Kopi Joss yang berasal dari Yogyakarta. Kopi Joss merupakan minuman khas dari Yogyakarta yang terkenal karena rasa yang unik dan proses pembuatannya yang unik.

Sejarah Kopi Joss

Kopi Joss pertama kali ditemukan oleh seorang pedagang kopi bernama Mr. Man pada tahun 1960-an. Saat itu, Mr. Man mencampurkan arang panas ke dalam secangkir kopi hitam. Hasilnya adalah minuman kopi yang memiliki rasa yang lebih kuat dan unik. Nama “Joss” sendiri berasal dari bunyi yang dihasilkan saat arang panas dicelupkan ke dalam kopi panas. Terdengar seperti bunyi “joss” yang mengeluarkan asap dan membuat tampilan kopi menjadi sedikit berbusa.

Kopi Joss awalnya hanya dijual di wilayah Alun-Alun Utara Yogyakarta. Namun, karena cita rasa yang unik, minuman ini segera menyebar ke seluruh wilayah Yogyakarta. Saat ini, Kopi Joss dapat ditemukan di berbagai tempat di Yogyakarta, seperti di kawasan Prawirotaman, Malioboro, dan Pasar Beringharjo.

Cara Membuat Kopi Joss

Untuk membuat Kopi Joss, barista akan menyiapkan secangkir kopi hitam biasa dan kemudian meletakkan sebuah batang arang yang telah dipanaskan di dalam cangkir kopi tersebut. Arang panas tersebut akan menyebabkan kopi mengeluarkan busa dan rasa yang lebih kuat.

Proses pembuatan Kopi Joss memang terlihat sangat sederhana, namun membutuhkan teknik dan keahlian yang khusus. Barista yang handal akan memastikan bahwa arang yang digunakan tidak akan merusak rasa kopi. Selain itu, barista juga harus memastikan bahwa arang tidak terlalu panas sehingga tidak membakar kopi.

Varian Kopi Joss

Kopi Joss memiliki beberapa varian yang bisa kamu coba, seperti kopi joss susu, kopi joss gula aren, dan kopi joss kental manis. Varian kopi joss yang paling populer adalah kopi joss susu. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan creamy karena ditambahkan susu. Sedangkan varian kopi joss gula aren memiliki rasa yang lebih kuat karena ditambahkan gula aren.

Kopi joss kental manis adalah varian kopi joss yang disukai oleh mereka yang menyukai kopi yang kuat dan manis. Minuman ini memiliki tekstur yang kental dan rasa yang kuat. Kamu bisa menyesuaikan varian kopi joss sesuai dengan selera kamu.

Keunikan Kopi Joss

Kopi Joss memiliki keunikan yang membuatnya berbeda dari jenis kopi lainnya. Pertama, kopijoss memiliki aroma yang khas karena dibuat dengan menambahkan arang panas. Aroma tersebut memberikan kesan yang berbeda dan unik jika dibandingkan dengan kopi biasa. Selain itu, tampilan kopi joss yang berbusa dan mengeluarkan asap membuat minuman ini terlihat lebih menarik.

Keunikan lainnya adalah rasa yang kuat dan lebih pekat. Arang panas yang ditambahkan ke dalam kopi membuat rasa kopi menjadi lebih kuat dan kental. Rasanya juga berbeda dari jenis kopi lainnya karena terdapat sentuhan rasa arang yang memberikan rasa sedikit gurih dan asap.

Selain itu, keunikan Kopi Joss juga terletak pada proses pembuatannya. Arang yang digunakan harus dipanaskan terlebih dahulu hingga panas sebelum dicelupkan ke dalam kopi. Proses ini membutuhkan keahlian dan pengalaman, sehingga tidak semua orang dapat membuat Kopi Joss yang enak.

Kopi Joss juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Seperti jenis kopi lainnya, kopi joss mengandung kafein yang dapat membantu mengurangi rasa kantuk dan meningkatkan konsentrasi. Selain itu, kopi juga mengandung antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tempat Mencari Kopi Joss di Yogyakarta

Kopi Joss adalah minuman khas dari Yogyakarta, sehingga kamu bisa menemukan minuman ini di berbagai tempat di kota tersebut. Beberapa tempat yang terkenal dengan Kopi Joss di Yogyakarta adalah:

  1. Angkringan Lik Man: Angkringan ini terkenal dengan Kopi Joss-nya yang enak dan harga yang terjangkau. Kamu bisa menikmati Kopi Joss dan makanan khas Yogyakarta seperti nasi kucing dan jajan pasar di sini.

  2. Warung Kopi Klotok: Warung kopi yang terletak di kawasan Prawirotaman ini menyajikan Kopi Joss yang enak dan suasana yang nyaman. Kamu juga bisa menikmati makanan ringan dan jajanan pasar yang tersedia di sini.

  3. Omah Dhuwur: Tempat ini terletak di kawasan Kota Gede dan terkenal dengan Kopi Joss-nya yang lezat. Selain itu, tempat ini juga memiliki suasana yang unik dengan dekorasi yang khas dan pemandangan yang indah.

Kesimpulan

Kopi Joss adalah minuman khas dari Yogyakarta yang memiliki keunikan dan rasa yang berbeda dari jenis kopi lainnya. Keunikan tersebut terletak pada aroma, rasa, dan proses pembuatannya yang unik. Selain itu, Kopi Joss juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan bisa kamu temukan di berbagai tempat di Yogyakarta.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba minuman khas Yogyakarta yang satu ini saat berkunjung ke kota tersebut. Dengan mencicipi Kopi Joss, kamu akan mendapatkan pengalaman yang unik dan menarik serta bisa menjadi kenangan yang tak terlupakan dari perjalananmu ke Yogyakarta.

Leave a Reply