Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

Keseruan Festival Kuliner Mataraman 2024

InfoDjogja – Halo Sedulur Bantul! Apakah kamu sudah merasakan keseruan Festival Kuliner Mataraman di Pantai Baru? Festival yang digelar pada hari Sabtu, 25 Mei 2024, ini benar-benar menjadi momen yang tak terlupakan, terutama bagi para pecinta kuliner. Festival ini sukses menarik perhatian dengan mencatatkan rekor baru di Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) untuk 5.344 pincuk mi lethek yang disajikan.

Mengenal Mi Lethek, Kuliner Khas Bantul

Siapa yang belum mencoba mi lethek, makanan khas dari Kabupaten Bantul? Mi lethek adalah mi tradisional yang dibuat dari tepung tapioka dan singkong. Proses pembuatannya yang unik dan bahan-bahan alami membuat mi ini memiliki cita rasa yang khas dan lezat. Tidak heran jika mi lethek selalu menjadi favorit setiap kali berkunjung ke Bantul.

Rekor Dunia MURI untuk Mi Lethek

Pada Festival Kuliner Mataraman 2024, sebanyak 5.344 pincuk mi lethek berhasil disajikan dan tercatat dalam Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI). Pencapaian ini tidak hanya membanggakan Kabupaten Bantul, tetapi juga menunjukkan antusiasme masyarakat dalam melestarikan kuliner tradisional.

Kolaborasi Kelompok Wanita Tani dan Tenant

Dalam menciptakan rekor ini, ada peran besar dari tujuh kelompok wanita tani (KWT) dan 15 tenant yang ikut berpartisipasi. Mereka bekerja sama untuk menghasilkan mi lethek dalam jumlah besar dan memastikan setiap pincuk memiliki kualitas yang terbaik. Kerjasama ini menjadi contoh nyata bagaimana komunitas lokal dapat berkontribusi dalam mempromosikan budaya kuliner daerah.

Mengapa Mi Lethek Menjadi Favorit?

Ada beberapa alasan mengapa mi lethek begitu digemari:

  1. Bahan Alami dan Sehat: Mi lethek terbuat dari tepung tapioka dan singkong, bahan-bahan yang dikenal alami dan sehat.
  2. Proses Pembuatan Tradisional: Penggunaan cara tradisional dalam pembuatan mi memberikan rasa autentik yang sulit ditandingi.
  3. Rasa yang Unik dan Lezat: Kombinasi bahan-bahan alami dan proses pembuatan yang khas menghasilkan mi dengan rasa yang unik dan lezat.

Pantai Baru: Lokasi Festival Kuliner yang Sempurna

Pantai Baru dipilih sebagai lokasi Festival Kuliner Mataraman tidak tanpa alasan. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dan suasana yang menyenangkan, menjadikannya tempat yang sempurna untuk menyelenggarakan acara besar seperti festival kuliner. Pengunjung tidak hanya menikmati berbagai hidangan lezat, tetapi juga bisa merasakan keindahan alam Pantai Baru.

Dampak Positif Festival terhadap Pariwisata Bantul

Festival Kuliner Mataraman tidak hanya mempromosikan kuliner khas Bantul tetapi juga memberikan dampak positif terhadap sektor pariwisata. Banyak wisatawan yang datang untuk menikmati festival ini, yang pada gilirannya meningkatkan perekonomian lokal dan memperkenalkan Bantul sebagai destinasi wisata kuliner yang menarik.