Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta: Syawalan Bersama di Pendopo Parasamya Bantul

Sebuah Tradisi Tahunan: Syawalan di DIY

Setiap tahun, masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diramaikan dengan kegiatan syawalan yang dilaksanakan di seluruh Kabupaten/Kota di wilayah tersebut. Pada Jumat (03/05/2024), Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, melaksanakan syawalan bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Bantul di Pendopo Parasamya Bantul. Acara ini menjadi agenda rutin yang dinanti-nantikan setiap tahunnya.

Kebersamaan Di Pendopo Parasamya

Dalam suasana yang penuh kehangatan, Gubernur DIY beserta rombongan, termasuk Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X, serta sejumlah pejabat Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, hadir dalam kegiatan syawalan ini. Mereka tiba mengenakan batik berwarna biru kombinasi kuning, disambut langsung oleh Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih beserta istri, serta pejabat dan tokoh masyarakat lainnya.

Pendopo Parasamya

Makna Lebih Dalam Pasca-Pandemi

Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan bahwa safari syawalan kali ini memiliki makna yang lebih dalam pasca-pandemi Covid-19. Beliau menyampaikan pesan bahwa kemenangan Idul Fitri sejatinya terletak pada bagaimana kita menerapkan nilai-nilai kebaikan yang telah dilaksanakan selama bulan suci Ramadan.

“Momentum syawalan ini juga harus kita maknai sebagai momentum pemersatu lewat silaturahim. Hakekatnya adalah adanya kelapangan dada untuk melepas rasa dendam, menciptakan suasana yang kondusif, serta membangun sesuatu yang baik bagi agama, bangsa, dan negara,” tutur Sultan.

Mengamalkan Nilai-Nilai Ramadan

Beliau juga menekankan bahwa Ramadan bukan hanya tentang ibadah spiritual, tetapi juga tentang ritual keagamaan yang memiliki dampak sosial. Ini merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan rasa empati terhadap sesama, menciptakan kedamaian, dan membangun kebaikan bersama.