Daftar Harga BBM Pertamina Terbaru di SPBU

Posted on

Pendahuluan

Infodjogja.com Kami dengan senang hati menyajikan daftar terbaru harga BBM Pertamina di SPBU untuk memberi Anda pemahaman yang komprehensif tentang harga bahan bakar saat ini. Harga BBM merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, terutama bagi para pengguna kendaraan bermotor. Dalam artikel ini, kami akan memberikan detail lengkap tentang harga BBM yang perlu Anda ketahui. Mari kita lihat daftar harga BBM terbaru dari Pertamina.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga BBM

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga BBM di Indonesia. Berikut adalah beberapa faktor utama yang harus Anda ketahui:

Harga Minyak Mentah Dunia

Harga minyak mentah dunia memainkan peran penting dalam menentukan harga BBM di Indonesia. Fluktuasi harga minyak dunia dapat mempengaruhi harga BBM di pasar domestik. Jika harga minyak mentah dunia naik, kemungkinan harga BBM di dalam negeri juga akan naik.

Kurs Mata Uang

Nilai tukar mata uang juga dapat mempengaruhi harga BBM di Indonesia. Jika nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah, harga BBM cenderung naik karena impor minyak menjadi lebih mahal. Sebaliknya, jika nilai tukar rupiah menguat, harga BBM cenderung turun.

Subsidi Pemerintah

Pemerintah Indonesia memberikan subsidi pada beberapa jenis BBM untuk menjaga harga tetap terjangkau bagi masyarakat. Subsidi ini dilakukan untuk mengurangi dampak kenaikan harga minyak dunia. Namun, subsidi ini bisa berubah-ubah tergantung pada kebijakan pemerintah.

Berikut daftar harga BBM terbaru 1 Juni 2023

PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) Umum dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai perubahan atas Kepmen No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.


Ket: Provinsi pemekaran baru di Prov Papua & Prov Papua Barat mengikuti provinsi asal.

Leave a Reply