Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

Cara Membuat Kue Cupcake Red Velvet yang Lembut

 Kue cupcake Red Velvet adalah salah satu hidangan manis yang sangat populer dan disukai oleh banyak orang. Warna merah yang khas dan rasa lembutnya membuat kue ini menjadi pilihan yang sempurna untuk acara spesial atau sekadar menikmati hidangan penutup yang lezat. Jika Anda ingin mencoba membuat kue cupcake Red Velvet yang lembut dan menggoda, berikut adalah panduan langkah demi langkah yang dapat Anda ikuti.

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  • 1 ¼ cangkir tepung terigu
  • 1 sendok makan bubuk kakao tanpa pemanis
  • ½ sendok teh garam
  • ½ cangkir mentega tawar, suhu ruang
  • 1 ½ cangkir gula pasir
  • 2 butir telur, suhu ruang
  • 1 sendok teh ekstrak vanili
  • 1 sendok makan pewarna makanan merah gel
  • 1 sendok teh cuka putih
  • ½ cangkir susu, suhu ruang
  • 1 sendok teh cuka sari apel
  • 1 sendok teh soda kue

Langkah 1: Persiapan
Pertama-tama, panaskan oven Anda pada suhu 180 derajat Celsius dan siapkan loyang cupcake dengan menyisihkan 12 cup. Anda juga dapat menggunakan cetakan kertas cupcake untuk mempermudah proses pemanggangan.

Langkah 2: Mencampur Bahan Kering
Dalam mangkuk besar, ayak tepung terigu, bubuk kakao, dan garam bersama-sama. Aduk rata dan sisihkan.

Langkah 3: Membuat Adonan
Dalam mangkuk besar lainnya, kocok mentega tawar dan gula pasir menggunakan mixer listrik hingga lembut dan berwarna terang. Tambahkan telur satu per satu, aduk rata setelah setiap penambahan. Masukkan ekstrak vanili dan pewarna makanan merah gel, aduk rata hingga warna merata.

Langkah 4: Menggabungkan Bahan
Secara bergantian, tambahkan campuran tepung terigu dan campuran susu ke dalam adonan mentega. Mulai dengan campuran tepung dan akhiri dengan campuran tepung. Aduk rata setiap kali Anda menambahkan bahan baru. Pastikan untuk tidak overmix adonan agar cupcake tetap lembut.

Langkah 5: Mencampur Bahan Pengembang
Dalam mangkuk kecil terpisah, campurkan cuka putih, soda kue, dan cuka sari apel. Aduk rata dan masukkan ke dalam adonan cupcake. Aduk perlahan hingga tercampur dengan baik.

Langkah 6: Memanggang Cupcake
Tuangkan adonan cupcake ke dalam cetakan cupcake yang telah disiapkan sebelumnya. Isi setiap cup sekitar 2/3 penuh untuk memberi ruang pada adonan untuk mengembang. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan selama 15-20 menit atau hingga tusuk gigi yang dimasukkan ke dalam tengah bagian cupcake keluar bersih. Setelah matang, keluarkan cupcake dari oven dan biarkan dingin selama beberapa menit di dalam loyang. Kemudian pindahkan cupcake ke rak pendingin untuk mendinginkan sepenuhnya sebelum hiasan.

Langkah 7: Membuat Frosting Cream Cheese
Untuk frosting yang sempurna, Anda dapat menggunakan frosting cream cheese. Berikut adalah bahan-bahan yang Anda butuhkan:

  • 225 gram keju krim, suhu ruang
  • ½ cangkir mentega tawar, suhu ruang
  • 2 ½ cangkir gula halus
  • 1 sendok teh ekstrak vanili

Dalam mangkuk besar, kocok keju krim dan mentega tawar dengan mixer listrik hingga lembut dan tercampur dengan baik. Tambahkan gula halus sedikit demi sedikit sambil terus mengocok hingga adonan lembut dan kental. Akhirnya, tambahkan ekstrak vanili dan kocok rata.

Langkah 8: Menghias Cupcake
Setelah cupcake benar-benar dingin, gunakan spatula atau piping bag untuk menghias cupcake dengan frosting cream cheese. Anda dapat memilih berbagai teknik hiasan, seperti memasukkan frosting dengan piping bag atau mengoleskan frosting dengan spatula untuk menciptakan tampilan yang unik.

Anda juga dapat menambahkan taburan atau hiasan tambahan di atas cupcake, seperti serpihan cokelat, irisan stroberi, atau remah kue merah velvet yang disisihkan sebelumnya.

Langkah 9: Menikmati Cupcake Red Velvet yang Lembut
Kue cupcake Red Velvet yang lembut siap untuk dinikmati. Sajikan cupcake di piring cantik dan nikmatilah kelezatan mereka bersama keluarga dan teman-teman Anda. Cupcake ini juga cocok sebagai hidangan penutup di berbagai acara, seperti pesta ulang tahun, pernikahan, atau perayaan khusus lainnya.

Ingatlah untuk menyimpan cupcake yang tidak terhidang di dalam wadah kedap udara di suhu ruang untuk menjaga kesegaran mereka. Anda dapat menikmati cupcake ini dalam beberapa hari ke depan.

Dengan panduan langkah demi langkah ini, Anda dapat dengan mudah membuat kue cupcake Red Velvet yang lembut dan menggoda di rumah. Rasakan kelezatan rasa dan keindahan visual dari kue yang sempurna ini. Selamat mencoba!

Leave a Reply