Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

Cara Membuat Donat Yang Empuk

 

Donat adalah salah satu jenis kue yang sangat populer di seluruh dunia. Rasanya yang manis dan lembut membuat donat menjadi pilihan yang tepat untuk disajikan pada berbagai acara. Namun, tak jarang kita menemukan donat yang keras atau kering, sehingga membuat rasanya tidak begitu nikmat. Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan memberikan beberapa tips dan trik tentang cara membuat donat yang empuk.

  1. Pilih tepung yang tepat

Tepung terigu merupakan bahan dasar yang paling penting dalam pembuatan donat. Untuk membuat donat yang empuk, pilihlah tepung terigu dengan kandungan protein yang rendah, yaitu sekitar 8-10%. Tepung dengan kandungan protein yang tinggi akan membuat donat menjadi lebih keras dan tidak empuk.

  1. Jangan terlalu banyak mengaduk adonan

Adonan donat perlu diaduk hingga merata, namun jangan terlalu sering atau terlalu lama mengaduknya. Karena jika adonan terlalu banyak diaduk, akan membuat gluten dalam tepung terigu terbentuk dan akhirnya membuat donat menjadi keras.

  1. Jangan terlalu banyak menambahkan tepung saat menguleni adonan

Saat menguleni adonan donat, jangan terlalu banyak menambahkan tepung terigu. Sebaiknya, tambahkan sedikit-sedikit tepung terigu hingga adonan kalis dan tidak lengket. Terlalu banyak menambahkan tepung terigu akan membuat donat menjadi keras dan tidak empuk.

  1. Istirahatkan adonan

Setelah diuleni, istirahatkan adonan selama kurang lebih 10-15 menit. Istirahatkan adonan di dalam mangkuk yang telah diolesi minyak agar tidak lengket. Dengan memberikan waktu istirahat pada adonan, gluten dalam tepung terigu akan mengendur dan akhirnya membuat donat lebih empuk.

  1. Gunakan ragi yang tepat

Ragi adalah bahan yang sangat penting dalam pembuatan donat. Untuk membuat donat yang empuk, pilihlah ragi aktif instan yang berkualitas baik. Pastikan ragi yang digunakan belum kadaluwarsa dan simpan ragi di tempat yang kering dan sejuk.

  1. Goreng dengan suhu yang tepat

Suhu minyak saat menggoreng donat juga sangat penting. Jangan terlalu panas atau terlalu dingin, sebaiknya gunakan suhu yang sedang, yaitu sekitar 175 derajat Celcius. Goreng donat hingga berwarna keemasan, lalu angkat dan tiriskan.

  1. Taburi gula halus atau toping lainnya

Setelah donat selesai digoreng dan sudah dingin, taburi donat dengan gula halus atau tambahkan toping lainnya seperti cokelat leleh atau kacang-kacangan sesuai dengan selera.

Itulah beberapa tips dan trik tentang cara membuat donat yang empuk. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply